• user warning: Table './test/users' is marked as crashed and should be repaired query: SELECT * FROM users u WHERE uid = 0 in /home/sme/modules/user/user.module on line 167.
  • user warning: Table './test/users' is marked as crashed and should be repaired query: SELECT n.nid, n.type, n.language, n.uid, n.status, n.created, n.changed, n.comment, n.promote, n.moderate, n.sticky, n.tnid, n.translate, r.vid, r.uid AS revision_uid, r.title, r.body, r.teaser, r.log, r.timestamp AS revision_timestamp, r.format, u.name, u.picture, u.data FROM node n INNER JOIN users u ON u.uid = n.uid INNER JOIN node_revisions r ON r.vid = n.vid WHERE n.nid = 83 in /home/sme/modules/node/node.module on line 755.

Product Detail

F-Transfer

Transaksi pengiriman dan penerimaan uang (Remittance) baik di tingkat local maupun global menunjukan peningkatan nilai transaksi yang significant. Pengiriman dan penerimaan uang umumnya dilakukan oleh hampir setiap bank baik melalui jaringan sendiri atau melalui jaringan bersama (transfer, kliring, RTGS dll).  Untuk market global terdapat beberapa pemain seperti Western Union, Money Gram dengan outlet outlet bank-bank besar di Indonesia seperti BNI, BCA, Mandiri, dll. Telkom Indonesia  telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia, bekerja sama dengan PT. Finnet Indonesia untuk menyelenggarakan jasa global remittance yang diberi nama F-Transfer

 

 

1. Deskripsi Layanan

F-Transfer adalah jasa layanan pengiriman dan penerimaan uang (remittance) yang dikelola Telkom Indonesia bersama dengan PT. Finnet Indonesia dalam rangka local dan global remittance.  Untuk Tahap awal, F-Transfer hanya menyelenggarakan global remittance antara Indonesia dan Malaysia. 

Secara umum pelaku F-transfer ini meliputi : Pengirim, Outlet Pengirim atau Cash In Agent, System F-Transfer, Outlet Penerima atau Cash Out Agent, dan penerima seperti pada gambar berikut :

 

Untuk dapat menerima atas uang yang dikirimkan, syarat dan ketentuan pada Penerima adalah :

a.    Penerima harus telah mendapatkan kode transfer dari F-transfer. Jika belum terima, dapat menghubungi pengirim untuk menyampaikannya.

b.   Menunjukkan Identitas Diri yang sah (KTP atau SIM)

c.   Menunjukkan kode transfer kepada petugas Outlet

d.   Mengisi formulir pencairan.

 

Langkah-Langkah dalam Proses Pengiriman Uang oleh Customer Pengirim :

a.    Customer mendatangi Outlet Resmi yang berlogo F-Transfer untuk mengirimkan sejumlah uang kepada teman, keluarga atau kerabatnya dengan membawa identitas diri.

b.   Customer mengisi form pengiriman uang yang ada pada Outlet Pengiriman dengan lengkap dan benar yaitu data diri pengirim, data diri penerima, nominal yang dikirim, berita dan tanda tangan pengirim.

c.    Customer menyerahkan form pengiriman uang tersebut kepada Outlet untuk di check dan diproses.

d.   Setelah proses pengiriman uang dilakukan dan berhasil, customer pengirim akan menerima notifikasi SMS yang memberitahu bahwa transaksi telah berhasil dilakukan termasuk informasi Transfer Codenya.

e.   Customer menyerahkan kepada Outlet uang tunai yang akan dikirimkan (+biaya) karena transaksi telah berhasil dilakukan.

f.   Customer akan menerima Transfer Code dari Outlet sebagai kode transaksi untuk penarikan uang.

g.   Customer akan menerima form pengiriman rangkap pertama (asli) yang telah di tanda tangan dan di stempel oleh Outlet dan disimpan sebagai bukti transaksi.

h.   Memberitahukan Transfer Code kepada si Penerima Uang yang dituju agar dapat dilakukan proses pengambilan uang.

i.    Transaksi pengiriman uang telah berhasil dilakukan secara real time.

Skema pengiriman dari Oultlet Agen ke Person :

2. Fitur Layanan

F-Transfer mempunyai beberapa fitur antara lain :

a.    Internet based : system transfer berbasis internet sehingga memudahkan outlet agent untuk melakukan transaksi penerimaan dan pengiriman

b.   Notification : notifikasi pengiriman uang dari system yang diterima di terminal Handphone pengirim

c.    Tracking : pengirim bisa melakukan tracking atas status uang yang dikirimkan

d.   Document : form pengiriman dan form penerimaan yang dilengkapi identitas penerima sebagai dokumen evident

 

3. Benefit Layanan

F-Transfer mempunyai beberapa benefit antara lain :

a.    Real Time : penerima dapat secara langsung mencarirkan uangnya di outlet begitu pengirim telah mengirimkan uangnya

b.   Save : penerima langsung menerima notifikasi pengiriman uang dari system yang masuk ke terminal Handphone pengirim, sehingga meningkatkan keamanan dan kepastian pengiriman sampai di penerima

c.    Secure : proses pengiriman dilengkapi dengan transfer code berupa PIN, password dan tracking system

d.   Anywhere : penerima bisa mengambil uangnya dimana saja di lokasi tempat Outlet berada

e.   Easy : penerima tidak memerlukan rekening (account) bank untuk bisa mencairkan uang yang telah dikirim

 

4. Ruang Lingkup Layanan

Telkom Indonesia menyediakan layanan yang terdiri dari :

a.    Instalasi system F-Transfer termasuk konfigurasinya. Apabila Oulet adalah bank, maka akan dilakukan inject di Core banking (apabila ada ijin dari bank ).

b.   Akses login berupa User dan password

Di sisi OUTLET menyediakan :

a.    Terminal PC yang terkoneksi dengan internet

b.   Terminal CPE lainnya apabila dibutuhkan seperti printer, scanner dll

5. Pricing

 

 

Catatan :

a.    Harga belum termasuk koneksi internet 

b.    Harga belum termasuk PPN

c.    Harga diatas merupakan referensi market, dimana harga jual akhir ditetapkan bersama antara Telkom Indonesia dan Finnet Indonesia